“Recording Great Audio : A Complete guide to basic recording techniques, sound mixing, equipment and maintenance” By Peter Utz

Resensi oleh: Dy Murwaningrum

cover recordingSelamat pagi para penggemar audio khususnya. Indonesia memang tidak mengajarkan pengalaman dalam persoalan tata suara atau ilmu sound. SD, SMP, SMA bahkan jurusan kuliah khusus soal sound masih sangat jarang. Ilmu musik dan skilnya sudah berjamuran. Kursus dan sekolah khusus musik bahkan ada di tiap kota, namun soal sound seringkali kita hanya berguru secara turun temurun. Jangan khawatir, cukup banyak buku, ebook yang bisa kita akses melalui internet. Salah satunya buku Recording Great Audio yang bisa diakses di Seratpena.

Bagi saya, buku ini merupakan buku dasar yang sangat berharga. Meskipun forum ini bukan forum khusus audio namun perlu kiranya untuk saya sampaikan beberapa bagian dari isi buku ini agar pembaca yang memiliki ketertarikan bidang audio khususnya recording bisa segera meluncur ke Seratpena.

Recording dan segala pernik-perniknya memang cukup jarang dibukukan dan dibahas dalam bahasa Indonesia. Dengan bahasa inggris yang cukup mudah dimengerti disertai gambar-gambar yang jelas, maka belajar recording menjadi lebih mudah dengan buku ini. Bagi pemula, buku ini sangat membantu. Dibahas secara urut dan jelas dalam buku ini mengenai mula terbentuknya sound, dasar-dasar teori tentang sound. Kemudian mengarah pada pemahaman microphone sampai pada tehnik-tehnik placement microphone. Pada bagian ini merupakan bagian yang cukup bermanfaat. Micropon dipelajari mulai dari karakternya, pattern polarnya dan bagaimana peletakan yang sesuai dengan karakter alat musik. Terkait dengan microphone kita juga diperkenalkan tentang perkabelan dan karakter jenis-jenis input dan output. Input sangat berpengaruh bagi balance atau unbalance nya signal yang diproduksi.

Tidak kalah mendalam persoalan mixers juga dibahas. Mixers dibahas beserta effect yang mendukungnya termasuk pengaturan suara. Pengoprasian mixer dan sistem kerjanya juga dibahas cukup dalam. Beberapa bagian dalam mixer dibahas satu persatu fungsinya, seperti: Panoramic Potensio, equalizer, level volume, gain atau trim dan lain lain. Mixing juga dibahas mulai dari fase awal sampai pada accoustical mixing, termasuk tehnik mensetting mixer diantara berbagai piranti-piranti lain.

Monitoring juga dibahas detail. Mulai dari amplifier yang diggunakan dan speaker. Tehnik-tehnik dalam monitoring juga disampaikan dengan detail. recording juga dibahas cukup jauh, mulai dari perekaman menggunakan pita kaset sampai perekaman secara digital. Buku ini juga membahas mengenai sistem kerja alat-alat audio, dengan begitu kita lebih mudah untuk mengenali karakternya dan membuat pekerjaan kita lebih akurat karena prinsip dasarnya sudah kita kuasai.

Buku ini cukup penting untuk dibaca, khususnya orang-orang yang membutuhkan informasi tentang bidang perekaman musik.Bagi teman-teman yang ingin membaca buku ini bisa membaca di perpustakaan seratpena.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s