Pengenalan Puisi dan Musik di SD Ciborelang 1 Jatiwangi Majalengka

15 Mei 2016

Jatiwangi Art Factory, sebuah komunitas di desa Jatiwangi yang mendunia. Kami bertamu pagi-pagi ke Jatiwangi Art Factory atau penggil saja JAF.  Kurang lebih 80 km, kami berangkat dari Bandung menuju Jatiwangi untuk bersilaturahmi dan membuat aktivitas bersama. Kami menyadari bahwa kami tidak mampu melakukan program-program kami sendirian. Kami selalu bekerja bersama dengan berbagai komunitas dalam program-program kami. Dan kali ini, saatnya pulang kampung ke Jatiwangi, kerja bareng JAF.

“Pengenalan Puisi dan Musik” adalah program Seratpena agar anak-anak mengenal puisi, mengenal music, peka dengan lingkungan dan memiliki mental yang berani. Kami mencoba mengajak anak-anak untuk mengambil tema disekeliling dan membuat tulisan sastra sederhana. Puisi. Seratpena juga mengajak anak-anak mengenal music sederhana dari vocal, siulan, tepuk tangan, bunyi-bunyian mulut, dan menadakan berbagai bunyi di sekitar mereka. Akhirnya JAF mengajak kami menuju SDN Ciborelang 1. 40 anak berumur 9 -11 tahun telah berkumpul menanti dan sangat antusias menyambut, begitu juga seorang guru dan bapak kepala sekolah.

Mulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengajak bermain untuk memfokuskan anak-anak pada acara kami, selanjutnya kami membagi 40 anak ke dalam 4 kelompok. Dalam sebuah kelompok kami bagi 2 bagian. Bagian pertama bertanggung jawab membuat puisi dan bagian kedua membuat music dari mulut dan tubuh mereka atau alat music yang mereka bawa. Lalu music dan puisi mereka gabungkan sendiri dan memilih 1 orang diantara mereka sebagai pembaca puisi yang telah dibuat. 2 jam kami belajar, tertawa sambil mengasah kepekaan.

Selesai… saatnya melihat 4 kelompok menampilkan karyanya masing-masing. Saat inilah saat mereka belajar mengapresiasi satu sama lain, saatnya mereka berani menampilkan apapun yang telah mereka buat. Setelah sebelumnya mereka belajar memaksimalkan kreatifitasnya untuk membuat puisi dengan tema-tema yang dekat dengan mereka. Kami mencoba mengajak anak-anak untuk melihat fenomena di sekitar, menjadi kritis namun juga bernurani. Menyayangi semesta namun juga memprotes ketidakjujuran semuanya tertuang dalam puisi.

Berikut video Seratpena ketika di Jatiwangi :

 

Dari tidak mengenal, menjadi mengalami. Semoga kedatangan Seratpena dan JAF menjadi embrio kecintaan pada sastra, music, semesta dan kepekaan pada sekeliling. Terimakasih adek-adek SDN Ciborelang I semoga tumbuh menjadi manusia utuh yang penuh cinta kasih dan berani.//dy//

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s